Tugas Audit Manajemen

Pentingnya Audit Manajemen untuk mengetahui bahaya yang mengancam Para Pekerja
Selain modal, karyawan juga merupakan asset perusahaan yang penting. Apabila perusahaan tidak ingin menghambat kinerja dan produktifitas usahanya, maka karyawan juga harus diperhatikan lebih seksama. Baik kewajiban maupun hak-haknya. Dewasa ini sering terdengar beberapa kasus yang menimpa para karyawan atau pekerja pabrik yang mengalami cedera bahkan meninggal di tempat kerja.
Penyebabnya bukan disebabkan karena penyakit yang dideritanya tapi disebabkan karena rendahnnya tingkat keamanan atau pengawasan dari penggunaan peralatan atau lingkungan para pekerja atau perusahaan. contohnya pada industri yang menyebabkan limbah atau polusi, terkadang bisa berdampak pada kesehatan para karyawan. Selain itu, tingkat pekerjaan yang memang sudah mengandung risiko, Jika tidak ada minimalisasi dari risiko tersebut semakin membuat perusahaan tidak dapat optimal.
Oleh karena itu, Audit Manajemenn sangat diperlukan untuk mengetahui apa yang terjadi pada pegawai, sehingga dapat mengakibatkan bahaya yang serius. Audit manajemen perlu mengetahui :
1. Kriteria Efektifitas
Merupakan efisiensinya yang digunakan sebagai asersi suatu standar sehingga standar- standar dapat diberlakukan guna mengurangi risiko yang ada. Keefektifitasan dan efisiennya suatu perusahaan hendaknya juga melihat dari keamanan para pekerja, Bagaimana perusahaan itu juga memperhatikan pekerjanya guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi.
2. Causes
Sebagai asersi suatu tindakan, hal yang menjadi tindakan yang serius pada kasus tersebut, perusahaan kurang memperhatikan keselamatan para pegawai sehingga diperlukan inspeksi dengan mendeteksi risiko dengan cara mengawasi para buruh ditempat kerja.
3. Effect
Sebagai asersi atas hasil suatu tindakan, dengan memberlakukan standar dapat mengurangi kecelakaan bagi para pekerja serta memperbaiki risiko, masalah pelanggaran.
4. Sub Objectif
Yang memberi pandangan dari berbagai bagian/segmentasi tujuan. Pandangan ini bertujuan untuk mengetahui tujuan audit yang didalamnya Criteria, Causes, dan Effect yang masih bagian dari tujuan audit tersebut. Dari hasil kesimpulan tujuan Criteria, Causes, dan Effect dapat memberi masukan untuk mengurangi kecelakaan pekerja dan mendeteksi masalah, yang juga memberlakukan standar.
Kemudian Audit manajemen memerlukan bukti-bukti sebaga berikut,
 Bukti Analitis
 Bukti Langsung
 Bukti tidak langsung
 Bukti Utama
 Bukti Pendukung
Sumber-sumber yang dihasilkan dari Audit Manajemen,
 Bukti Tercatat
Laporan-laporan inspeksi, dokumen, dan bentuk-bentuk yang mendukung kutipan-kutipan yang diusulkan, foto-foto dan nota-nota inspektur merupakan bagian dari bukti tercatat. Namun sebagian bukti ini tidak dikutip karena memuat deskripsi dari pelanggaran-pelanggaran yang diduga dan perancangan standar khusus yang telah dilanggar. Hal ini membuktikan kelemahan masih ada di bukti tercatat ini.

 Bukti Kesaksian
Bukti Kesaksian dapat diketahui melalui pegawai itu sendiri namun pegawai peralatan tidak mencatat informasi dalam file-file kasus mengenai apa yang mereka cari dan metode yang digunakan oleh para pemberi kerja untuk memenuhi standar-standar tersebut. Hal utamanya adalah penegasaan bahwa pelanggaran-pelanggaran yang terdeteksi tersebut dapat terbukti, dengan sedikit penekanan pada penjaminan bahwa semua bahaya serius telah terdeteksi.

 Bukti Pengamatan
Dengan hasil dari bukti tercatat dan kesaksian, mengamati tempat kejadian secara langsung dan mengamati berbagai hal yang terjadi merupakan salah satu dari bukti tercatat bukti kesaksian belum ditindak lanjutkan. Ini yang mengakibatkan hak-hak bagi pegawai kurang dilindungi serta tidak ada transparansinya bahwa peralatan-peralatan pabrik kurang memiliki standar (peralatan yang tidak diawasi atau dijaga) yang mengakibatkan kecelakaan serius bahkan meninggalnya para pegawai. Karena dapat diketahui bahwa bukti tercatat dan peralatan sehingga kurangnya informasi pegawai akan bahayanya peralatan yang tidak memiliki standar.

Sumber : Jessica, http://www.ukdw.ac.id

Tanggapan

Walaupun setiap perusahaan mengetahui bahwa keselamatan pegawai atau karyawan penting tapi tidak semua perusahaan memberikan perlindungan dan keamanan yang baik kepada para pekerja. Mungkin dengan memberikan asuransi jiwa kepada pekerja, sudah mencukupi sebagai perlidungan. Akan tetapi bila lingkungan atau peralatan yang digunakan tidak di awasi dengan seksama bisa mengancam keselamatan para pekerja.
Seharusnya semua perusahaan, baik jasa atau dagang, melakukan Audit Manajemen bagi para pekerja. Karena semua itu semata-mata tidak hanya memberikan kepuasan para pekerja tapi juga image yang bagus di mata masyarakat. mengenai perusahaan tersebut. Dan perusahaan harus memberikan data-data yang sebenar-benarnya kepada Audit manajemen yang akan mengaudit perusahaan itu, dengan demikian Audit Manajemen bisa memberikan laporan yang Audit yang baik.

Published in: on 19 Februari 2010 at 10:56 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://khair2120.wordpress.com/2010/02/19/tugas-audit-manajemen/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: