Tugas Etika Profesi Akuntansi

Akuntan Pemerintah
Merupakan salah saju jenis akuntansi. Akuntan Pemerintah lebih condong kearah pemerintahan atau government. Di indonseia, Akuntan Pemerintah memiliki lembaga atau organisasi sendiri yang disebut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Berdasarkan sejarah IAI, organisasi ini dibentuk karena “Dalam rangka pembinaan tersebut, perlu adanya wadah yang mewakili akuntan secara keseluruhan, menetapkan standar kualitas, mengembangkan dan menegakkan etika profesi, memelihara martabat dan kehormatan, membina moral dan integritas yang tinggi, mewujudkan kepercayaan atas hasil kerja profesi akuntan dan wadah komunikasi, konsultasi, koordinasi serta usaha-usaha bersama lainnya yang diperlukan. Menyadari akan hal tersebut maka para akuntan bergabung dalam wadah organisasi yaitu Ikatan Akuntan Indonesia.” Dan para pendirinya adalah
Susunan pengurus pertama terdiri dari:
Ketua Prof. Dr. Soemardjo Tjitrosidojo
Panitera Drs. Mr. Go Tie Siem
Bendahara Drs. Sie Bing Tat (Basuki Siddharta)
Komisaris Dr. Tan Tong Djoe

Drs. Oey Kwie Tek (Hendra Darmawan)
Keenam akuntan lainnya sebagai pendiri IAI adalah
1. Prof. Dr. Abutari
2. Tio Po Tjiang
3. Tan Eng Oen
4. Tang Siu Tjhan
5. Liem Kwie Liang
6. The Tik Him
Yang mana dibentuk pada tanggal 23 Desember 1957. Ketika itu, tujuan IAI adalah:
1. Membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan.
2. Mempertinggi mutu pekerjaan akuntan.
Organisasi ini juga mempunyai visi dan misi sebagai berikut
Misi
• Memelihara integritas, komitmen, dan kompetensi anggota dalam pengembangan manajemen bisnis dan publik yang berorientasi pada etika, tanggungjawab, dan lingkungan hidup;
• Mengembangkan pengetahuan dan praktek bisnis, keuangan, atestasi, non-atestasi, dan akuntansi bagi masyarakat; dan
• Berpartisipasi aktif di dalam mewujudkan good governance melalui upaya organisasi yang sah dan dalam perspektif nasional dan internasional.
Visi
adalah menjadi organisasi profesi terdepan dalam pengembangan pengetahuan dan praktek akuntansi, manajemen bisnis dan publik, yang berorientasi pada etika dan tanggungjawab sosial, serta lingkungan hidup dalam perspektif nasional dan internasional.
Selain di Indonesia, oranisasi sejenis ini juga terdapat di luar negri. Dengan nama Asosiasi Pemerintah Akuntan atau Association of Government Accountants (AGA). Organisasi ini berdiri dari tanggal 14 September 1950. AGA bertujuan untuk melayani Federal, Negara dan pemerintah daerah akuntansi profesional dengan memberikan pendidikan , mendorong pengembangan profesional , menyediakan Akuntansi Pemerintahan sertifikasi , dan mendukung standar dan penelitian untuk memajukan pemerintah akuntabilitas.
AGA juga memliki MISI yaitu AGA melayani profesional akuntabilitas pemerintah dengan memberikan pendidikan yang berkualitas, mendorong pengembangan profesional dan sertifikasi, dan mendukung standar dan penelitian untuk meningkatkan akuntabilitas pemerintah.
Pada awalnya AGA dibentuk oleh Robert W. King. Melalui pendidikan, penelitian, sertifikasi publikasi, dan konferensi, AGA mencapai ribuan profesional dan menyediakan lebih dari 100.000 melanjutkan pendidikan profesional (CPE) jam per tahun. Asosiasi ini mendukung karir dan pengembangan profesional para profesional keuangan pemerintah yang bekerja di pemerintah federal, negara bagian dan daerah serta sektor swasta dan akademisi. AGA telah memainkan peran penting dalam mengembangkan standar akuntansi dan audit dan dalam menghasilkan konsep-konsep baru bagi organisasi yang efektif dan administrasi fungsi manajemen keuangan, termasuk bagian dari Inspektur Jenderal Act of 1978 dan Chief Financial Officer Undang-Undang Tahun 1990. AGA melakukan penelitian independen dan analisis dari semua aspek manajemen keuangan pemerintah.
Walau IAI baru berdiri 7 tahun kemudian setelah kelahiran AGA, dengan adanya IAI. Ini menandakan bahwa Indonesia telah maju dalam peran pencatatan dan pembukuan. Walaupun masih belum bisa sempurna tetapi kita harus lebih membangkikan dan mendukung organisasi seperti IAI ini.
Sumber
http://www.google.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Association_of_Government_Accountants

Published in: on 30 November 2010 at 11:59 am  Comments (1)  

The URI to TrackBack this entry is: https://khair2120.wordpress.com/2010/11/30/tugas-etika-profesi-akuntansi-3/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. iizin baca ya buat referensi tugas etprof


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: